water heater tanpa tabung gas

Pilih Gas Water Heater atau Water Heater Tanpa Tabung Gas?

Water Heater Tanpa Tabung Gas – Bingung, ya, mau pilih yang mana. Pilih yang pakai tabung atau yang ngga pakai tabung, ya, bagusnya?

Apakah kamu sedang dilema memilih antara gas water heater atau jenis lain aja? Lebih worth it mana antara pakai tabung atau yang tidak. Kalau pakai tabung, maka bisa menggunakan pemanas air gas Tapi, kalau ngga pakai tabung, apa aja, sih, pilihannya?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, artikel kali ini akan membahas tentang water heater tanpa tabung gas, keuntungan dan kekurangannya, tips memilih water heater tanpa tabung gas yang tepat untuk kebutuhanmu sehari-hari, dan perbandingan antara pemanas air gas dan tanpa tabung.

Water Heater Tanpa Tabung Gas

Water heater tanpa tabung gas adalah sistem pemanas air yang menggunakan sumber energi selain gas untuk memanaskan air, seperti listrik, tenaga surya, atau pompa panas (heat pump). Pemanas air ini bekerja dengan cara memanaskan air secara instan ketika air mengalir melalui perangkat pemanas, tanpa perlu menyimpan air di dalam tangki.

Jenis Water Heater Tanpa Tabung Gas

Ada beberapa jenis water heater selain gas, berikut adalah jenis-jenisnya :

1. Water Heater Jenis Listrik

Water heater jenis ini adalah yang paling umum dan mudah ditemukan. Produk ini menggunakan listrik sebagai sumber energi utama. Adapun kelebihan dari water heater listrik yaitu mudah digunakan, tidak membutuhkan banyak ruang, dan harga yang terjangkau. Namun, kekurangan dari water heater ini adalah konsumsi listrik yang cukup besar sehingga dapat menyebabkan biaya listrik yang lebih tinggi. Beberapa contoh merek water heater listrik adalah Handal, Ariston, Rheem, dan Electrolux.

2. Water Heater Jenis Tenaga Surya

Water heater tenaga surya atau solar water heater menggunakan panel surya sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Kelebihan water heater tenaga surya adalah sangat ramah lingkungan dan dapat menghemat biaya energi dalam jangka panjang.

Baca Juga :  Water Heater Kolam Ikan: Fungsi, Suhu Ideal, dan Cara Kerja

Karena menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama, performa water heater ini bergantung pada kondisi cuaca. Selain itu, kekurangan lainnya adalah biaya instalasi awal solar water heater yang tergolong mahal. Beberapa merek seperti Handal, Solahart, dan Ariston juga memproduksi water heater ini.

3. Water Heater Pompa Panas (Heatpump)

Water heater ini menggunakan pompa panas atau heatpump sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Kelebihan water heater pompa panas adalah penghematan energi yang sangat efisien dan dapat menghasilkan air panas dalam jumlah yang besar. Namun, kekurangan water heater ini terletak pada biaya instalasi yang cukup mahal dan tidak efektif jika digunakan di lingkungan yang sangat dingin. Beberapa contoh merek water heater pompa panas diantaranya Ariston, Daikin, Panasonic, dan Mitsubishi.

Keuntungan Water Heater Tanpa Tabung Gas

Setelah mengenal jenis-jenis water heater tanpa tabung gas, berikut adalah keuntungan dari water heater ini.

1. Mudah Dipasang

Water heater tanpa tabung gas mudah dipasang karena tidak memerlukan tangki penyimpanan air, sehingga hemat ruang dan tidak memakan banyak tempat.

2. Tidak Perlu Menunggu

Karena tidak perlu menunggu air dipanaskan di dalam tangki, kamu dapat langsung menggunakan air panas yang dihasilkan.

3. Ramah Lingkungan

Water heater tanpa tabung gas tidak mengeluarkan gas buangan, sehingga lebih ramah lingkungan.

Kekurangan Water Heater Tanpa Tabung Gas

Water heater ini menawarkan berbagai kelebihan. Namun, water heater tanpa tabung gas juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah :

1. Kapasitas Air yang Terbatas

Water heater tanpa tabung gas cocok untuk penggunaan air yang sedikit atau dalam jumlah kecil. Jika digunakan dalam jumlah besar akan membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga :  Air Nanas Hangat Segudang Manfaat

2. Biaya Instalasi yang Tinggi

Biaya instalasi water heater tanpa tabung gas bisa saja lebih mahal dibandingkan dengan gas water heater.

3. Konsumsi Listrik Lebih Banyak

Water heater tanpa tabung gas memerlukan konsumsi listrik yang lebih besar daripada pemanas air gas, terutama jika digunakan dalam jumlah besar.

Tips Memilih Water Heater Tanpa Tabung Gas

Selain kelebihan dan kekurangan dari water heater tanpa tabung gas, ada juga beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih water heater yang tepat untuk dipasang di rumah, diantaranya :

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pilih water heater yang sesuai dengan kebutuhanmu, baik dari segi kapasitas maupun daya listriknya.

2. Cek Keamanan

Pastikan water heater yang kamu pilih memiliki fitur keamanan seperti pengaman kebocoran (water heater anti bocor) dan sistem proteksi terhadap suhu berlebih.

3. Cek Kualitas

Pilih water heater yang memiliki kualitas terbaik dan sudah teruji di pasaran.

Gas Water Heater (Dengan Tabung Gas) VS Water Heater Tanpa Tabung Gas

water heater tabung gas vc water heater tanpa tabung gas

Apakah kamu masih bingung mau pilih yang mana? Berikut adalah perbandingan antara gas water heater dan water heater tanpa tabung gas yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

Water Heater dengan Tabung Gas (Gas Water Heater) :

  1. Lebih murah dibanding water heater tanpa tabung gas dalam hal pembelian awal
  2. Pemasangan membutuhkan tabung gas dan instalasi tambahan
  3. Perlu mengganti tabung gas secara berkala
  4. Konsumsi gas yang tidak efisien dapat meningkatkan biaya energi
  5. Penggunaan gas dapat berdampak pada lingkungan

Water Heater Tanpa Tabung Gas :

  1. Lebih mahal dalam hal pembelian awal
  2. Tidak memerlukan tabung gas dan instalasi tambahan
  3. Efisiensi energi lebih tinggi sehingga menghemat biaya energi dalam jangka panjang
  4. Tidak menghasilkan emisi gas beracun yang dapat merusak lingkungan
  5. Umumnya lebih tahan lama dan memerlukan sedikit perawatan
Baca Juga :  Manfaat dan Bahaya Keramas Pakai Air Hangat untuk Rambut

Jika dilihat dari ketersediaan gas dan kebutuhan akan energi yang efisien, water heater tanpa tabung gas lebih disarankan. Namun, dalam hal anggaran pembelian dan pemasangan, water heater dengan tabung gas masih merupakan pilihan yang lebih terjangkau.

Kesimpulan

Water heater tanpa tabung gas bisa menjadi solusi terbaik buat kamu yang menginginkan pemanas air yang hemat energi dan ramah lingkungan. Meskipun pembelian awalnya lebih mahal, water heater tanpa tabung gas menghemat biaya energi dalam jangka panjang dan memiliki umur pemakaian yang lebih panjang.

Penggunaan water heater tanpa tabung gas juga lebih aman dan tidak merusak lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas beracun. Namun, dalam hal anggaran pembelian dan pemasangan, water heater dengan tabung gas masih menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi sebagian orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti ketersediaan gas, anggaran, efisiensi energi, dan lingkungan sebelum memilih jenis water heater yang tepat.

Jadi, gimana? Apakah kamu sudah menentukan pilihan?

Scroll to Top