Air Hangat Menurunkan Tekanan Darah

Air Hangat Menurunkan Tekanan Darah

Air hangat bukan hanya minuman biasa, tetapi air hangat juga bisa kita gunakan untuk mandi. Apa saja yang kamu ketahui tentang air hangat dan apa saja manfaat air hangat? Air hangat adalah air yang suhunya lebih tinggi dari suhu tubuh normal manusia pada umumnya. Dan juga, air hangat mempunyai banyak manfaatnya dengan cara diminum maupun juga dengan cara mandi menggunakan air hangat. Salah satu, manfaatnya yaitu bisa menurunkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

Manfaat Air Hangat untuk Menurunkan Tekanan Darah

Berikut adalah beberapa manfaat dan cara sebagaimana air hangat bisa menurunkan tekanan darah :

1. Vasodilatasi dan Pelebaran Pembuluh Darah

Air hangat bisa menyebabkan vasodilatasi. Apa itu vasodilatasi? Vasodilatasi yaitu pelebaran pembuluh darah yang ada di tubuh kita. Ketahanan tubuh terhadap aliran darah berkurang yang membantu menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi air hangat bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar karena jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Relaksasi dan Pengurangan Stres

Mandi dengan menggunakan air hangat memiliki efek menenangkan yang bisa membantu mengurangi stres dan ketegangan. 

Apa itu stres? Stres merupakan salah satu faktor utama yang bisa meningkatkan tekanan darah. Dengan mandi menggunakan air hangat, tubuh dan pikiran kamu akan menjadi lebih rileks dan santai. Karena, mandi menggunakan air hangat sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah.

3. Meredakan Nyeri Otot

Mandi menggunakan air hangat sangat bermanfaat juga untuk meredakan otot-otot yang kaku seperti kram atau mungkin yang sering mengalami pegal-pegal. 

Air hangat juga bisa membantu mengeluarkan racun di tubuh melalui keringat. Proses ini membuat fungsi sel dan jaringan pada tubuh agar lebih baik yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, air hangat sangat membantu meredakan nyeri otot dan ketidaknyamanan.

Baca Juga :  Mengatasi Water Heater yang Hidup Mati

4. Berendam dalam Bak Air Hangat

Berendam dengan menggunakan air hangat dapat memberikan banyak manfaat tambahan dikarenakan memungkinkan tubuh terendam sepenuhnya. Kapan waktu paling tepat untuk berendam? Waktu yang tepat yaitu pada malam hari sebelum tidur. Karena, membantu menenangkan tubuh kita dan bisa untuk membuat tidur kita lebih nyenyak.

5. Kompres Air Hangat

Menggunakan kompres dengan air hangat pada di area tubuh sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Adapun bagian tubuh yang bisa dikompres yaitu:

– Bagian leher dan bahu, tempatkan kompres pada leher dan bahu selama kurang lebih 10-15 menit untuk meredakan ketegangan otot dan juga meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

– Kompres pada bagian kaki, dengan cara merendamkan kaki ke dalam baskom yang sudah diisi dengan air hangat. Aktivitas ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

6. Membersihkan Alat Pencernaan

Minum menggunakan air hangat, terutama saat perut masih dalam keadaan kosong di pagi hari, bisa membantu membersihkan saluran pencernaan. Air hangat bisa merangsang gerakan usus dan juga bisa membantu dalam proses pemurnian tubuh dari racun. Hal ini bisa mencegah terjadinya sembelit.

7. Melindungi Cairan Tubuh

Air hangat sangat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan sangat penting untuk fungsi organ-organ utama. Hal ini untuk menjaga pada keseimbangan kulit, keseimbangan elektrolit, dan fungsi yang optimal.

Dampak Negatif Air Hangat untuk Menurunkan Tekanan Darah

Dampak Negatif Air Hangat untuk Menurunkan Tekanan Darah

Meskipun minum dan mandi menggunakan air hangat banyak sekali memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Tetapi, kalau terlalu sering atau terlalu lama terpapar air hangat juga dapat memiliki dampak negatif. Beberapa ini dampak negatif yang mungkin akan terjadi di antaranya :

Baca Juga :  Air Panas Campur Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Dehidrasi

Mandi terlalu lama menggunakan air hangat mungkin dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dengan melalui keringat. Dehidrasi dapat sekali meningkatkan tekanan darah dan juga menyebabkan berbagai jenis masalah kesehatan lainnya.

2. Penurunan Tekanan Darah yang Terlalu Cepat

Ini sering kali terjadi dikarenakan mandi menggunakan air hangat yang terlalu panas atau terlalu lama dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang terlalu cepat. Hal tersebut dapat menyebabkan kepala menjadi cepat pusing, pingsan, atau bahkan bisa sampai kolaps.

3. Iritasi Kulit

Air hangat dapat banyak sekali menghilangkan minyak alami yang ada di dalam kulit yang bisa menyebabkan iritasi, kering, dan juga ruam pada kulit. Air hangat ini dapat memperburuk masalah kulit yang sudah ada atau bisa juga menyebabkan masalah kulit baru. 

4. Gangguan Tidur

Mandi menggunakan air hangat hangat sebelum tidur dapat membuat beberapa orang rileks dan nyaman untuk tidur. Tetapi, untuk beberapa orang yang menggunakan suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan gangguan pola tidur dan juga tidur tidak nyenyak.

5. Efek Samping pada Kehamilan

Pada ibu hamil sebaiknya berhati-hati saat mandi menggunakan air hangat, terutama selama tahap pertama. Suhu tubuh yang terlalu panas bisa meningkatkan risiko kerusakan pada janin bahkan bisa sampai menyebabkan keguguran.

6. Efek pada Sistem Peredaran Darah

Jika kamu terlalu sering atau terlalu lama berendam di dalam bak air hangat dapat mempengaruhi sistem peredaran darah, terutama pada orang yang punya masalah dengan jantungnya. Hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi peredaran darah seperti meningkatnya denyut jantung atau aritmia.

Cara Aman Menggunakan Air Hangat untuk Menurunkan Tekanan Darah

Gimana cara untuk menggunakan air hangat dengan bijak? Adapun cara untuk menggunakan air hangat supaya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah di antaranya yaitu :

Baca Juga :  Air Hangat untuk Otak: Seribu Manfaat Air Hangat

 1. Mengatur Suhu Air

Perhatikan pada suhu air supaya tidak terlalu panas, idealnya di sekitaran 37-40 derajat Celcius.

 2. Durasi Mandi

Durasi saat mandi menggunakan air hangat harus benar-benar diperhatikan karena bisa mengakibatkan dehidrasi atau penurunan tekanan darah yang terlalu drastis. Berapa waktu mandi menggunakan air hangat? Adapun waktu mandi menggunakan air hangat sekitar 15-20 menit saja karena untuk menghindari dehidrasi.

3. Hidrasi yang Cukup

Kita harus juga minum cukup air sepanjang hari, apalagi setelah mandi atau berendam menggunakan air hangat, karena untuk menjaga hidrasi tubuh.

Kesimpulan

Pada umumnya, mandi menggunakan air hangat sangat berguna untuk pengobatan. Selain itu, mandi air hangat juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Dengan memahami cara yang benar dalam minum air hangat dan mandi menggunakan air hangat dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah.

Maka karena itu, penting sekali menggunakan air hangat dengan bijak dan dalam batasan yang wajar. 

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau juga dalam kondisi tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, sebelum kamu mengadopsi rutinitas mandi menggunakan air hangat sebagai bagian dalam program penurunan tekanan darah.

Selanjutnya, jagalah keseimbangan dan pertimbangan untuk kondisi kesehatan kamu dalam menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas sehari-hari. Klik di sini untuk memiliki  Water Heater Handal yang bisa memberikan pengalaman mandi yang nyaman dan hemat energi. Tunggu apalagi? Rasakan kenyamanan mandi air hangat dengan Handal Water Heater sekarang.

Scroll to Top